Struktur Konten

tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya (Desain Konten dan Kerangka Karangan). di tulisan pertama aku mencoba menjelaskan konsep desain dari konten web secara keseluruhan dan fungsinya sebagai pondasi keutuhan web.

struktur konten secara umum sama dengan kerangka karangan pada suatu prosa, namun struktur konten merupakan kerangka dari web. struktur konten biasanya dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu bagian statis dan bagian dinamis.

bagian statis adalah bagian yang data didalamnya tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam jangka waktu yang cukup lama, contohnya adalah halaman profil, biodata, atau mungkin halaman layanan.

sedangkan bagian dinamis adalah kebalikan dari bagian statis. data pada bagian dinamis akan mengalami perubahan dalam kurun waktu singkat, bisa bertambah ataupun berkurang.

bagian dinamis dibagi menjadi 2 bagian yang lebih spesifik lagi, yaitu interaktif dan non-interaktif.

non-interaktif berarti halaman website hanya memberikan informasi
kepada pengunjung, dan pengunjung tidak dapat memberikan input kepada
pemilik website, misal saja halaman berita, galeri, artikel, dan
sebagainya.

interaktif berarti bahwa ada interaksi antara pengunjung dengan pemilik website melalui halaman website, misalkan saja blog, buku tamu, forum diskusi, dan sebagainya.

mungkin web ini bisa dijadikan studi kasus. web ini terdiri dari 4 menu utama, yaitu about, blog, portfolio, dan guestbook, dengan perincian :

  • about : statis
  • blog : dinamis + interaktif
  • portfolio : dinamis + non-iteraktif
  • guestbook : dinamis + interaktif

yah, semoga tulisan tidak terstruktur ini bisa membuat kita sedikit memiliki gambaran soal struktur web :D. dan biasanya jumlah dan jenis halaman web yang akan menentukan harga dari pembuatan web tersebut. :p

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.