Hello world! (again)

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

———

Inilah yang mungkin terjadi saat kita kurang berhati-hati. Sesuatu yg dianggap berharga, bisa dengan mudah diambil oleh yang jumawa dengan ilmunya.Singkat kata, blog saya yang jarang update ini baru saja kena deface sebanyak tiga kali dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Dua kejadian terakhir memang bukan kejadian yg bisa dikata ‘cukup merusak’ dibanding yang pertama, tapi karena berlangsung dalam kurun waktu kurang dari dua jam, pihak penyelenggara hosting memberikan sebuah solusi dengan me-recreate akun hosting ini.

Apa yg terjadi ketika akun hosting di-recreate? Simple, start dari nol.

Dan posting ini pun muncul sebagai akibat dari installasi engine blog baru.

Mungkin memang sudah waktunya untuk berbenah isi hosting, menghilangkan yang tidak perlu dan hanya menempatkan yang dibutuhkan dan diperlukan.

Saya cukup beruntung masih diberikan kesempatan untuk banyak belajar mengenai web, hosting, dan beberapa kaitan yg lain sebelumnya. Sehingga ketika diputuskan untuk recreate akun, saya bisa mempersiapkan amunisi apa saja yg harus disimpan dan disiapkan agar data yg lama bisa selamat dan yg baru bisa segera tayang.

Banyak prosedur yg harus dilakukan ketika entiti ini mengalami serangan, mulai dari mengubah segala credentials, bekerja sama dengan berbagai anti virus, hingga memastikan tidak ada dampak sistemik terhadap entiti yg lain.

Ah, ini sungguh sesuatu yg merepotkan ketika boleh jadi ini bukan murni kesalahan saya sebagai penyewa.

Tapi apa boleh bikin? Sering kali harus ada kasus sebelum kita mulai belajar. Mungkin tidak hanya saya yg belajar, Technical support si hosting ini pun harusnya sudah belaja banyak dari beberapa kasus terakhir ini.

Semoga…

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.

3 thoughts on “Hello world! (again)”

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

Comments are closed.