Seberapa Penting XHTML/CSS valid itu?

1083340_70894012 copy

saya inget pertanyaan ini pernah ditanyakan ke saya oleh salah seorang kawan yang kala itu sedang belajar HTML dengan table dan ingin mencoba XHTML/CSS tableless. saat itu saya cuman bisa menjawab “ini soal kredibilitas dan aksesibilitas”.

“kredibilitas” dalam artian kemampuan seorang pekerja web untuk membuat web sesuai dengan aturan yang berlaku dan “aksesibilitas” dalam maksud tampilan yang sama pada browser yang berbeda.

namun akhirnya saya mendapatkan jawaban yang lain untuk soal ini, menurut mas Zam yang bikin even “Lewat Twitter @zamdesign Membuka Tanya Jawab (Sharing) XHTML/CSS Web Design & Usability” jawaban dari pertanyaan diatas adalah :

  1. 2a) sangat membantu dalam cross-browser dan cross-platform. XHTML/CSS valid mengurangi jumlah error dan bug
  2. 2b) bagus untuk SEO. Struktur XHTML/CSS yang valid dan rapi lebih mudah ter-index oleh mesin pencari
  3. 2c) mempercepat loading halaman dan menghemat space hosting. XHTML/CSS valid meminimalisasi tag-tag yg tdk perlu
  4. 2d) memudahkan dalam maintain dan redesain. Struktur XHTML/CSS valid dan rapi mudah dipelajari perlu terutama dalam kerja tim
  5. 2e) lebih profesional dan mampu bersaing. web developer dengan karya web yg valid XHTML/CSS akan memiliki nilai lebih

yay *happy*.. inilah jawaban yang saya tunggu, at least sekarang saya punya kata-kata yang tepat dan data yang lebih apabila ada pertanyaan sama datang pada saya di waktu yang lain.

kemudian pada saat yang sama saya jadi ingat pertanyaan berikutnya dari kawan saya itu “emang XHTML/CSS valid itu harus ya?” hm.. kalo yang ini belum saya tanyakan sama mas Zam, mungkin lain waktu, hehe.. tapi saat itu saya cuman mengembalikan ke jawaban saya yang “kredibilitas”. XHTML/CSS valid adalah standar dokumen web yang digunakan diseluruh dunia, dan dengan segala kemudahan tingkatan validasinya, tentu kembali ke diri kita masing-masing mau mengikuti aturan umum tersebut atau bikin aturan sendiri. hehe..

mungkin validasi atau apapun itu terasa sepele dan remeh, tapi menurut saya sih ini modal awal harus dimiliki seorang pekerja web. CMIIW..

sekali lagi.. terima kasih mas Zamdesign atas jawabannya :D

— gambar diambil dari sini

http://twitter.com/zamdesign/statuses/4696894863

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.

7 thoughts on “Seberapa Penting XHTML/CSS valid itu?”

Comments are closed.