Design and Details . . .

Hanya para pembangun web yang beruntunglah yang sesungguhnya membuat website sepanjang hari dan mungkin setiap hari. kebanyakan para pembuat website lain masih bekerja paruh waktu sebagai proofers, manajer proyek, ahli usability (kegunaan), kritikus desain, perancang navigasi, tutor untuk penulis, dan ahli di bidang yang berhubungan dengan website secara umum.

Hal kecil yang mengarah ke keberhasilan

ketika para website desainer dan website developer memikirkan satu-demi satu detil dari sebuah project, mereka harus berpikir kritis dan analitis. demi mencapai sebuah solusi terbaik yang berasal dari kedua belah sisi otak, yang di bangun dari sisi bagaimana dan sisi mengapa.

agar menjadi benar-benar besar dan berhasil, kita harus memahami motivasi dari klien kita, menjaga secara konstan komunikasi dua arah dengan orang-orang yang teramat tidak kreatif, bekerja keras dengan file-file fotokopi dan bagaimana keahlian kita dapat memunculkannya dengan elemen tampilan visual, dan mencoba meramalkan bagaimana hasil keseluruhanya dapat jauh lebih baik daripada jumlah dari repihan dan kepingan yang berjam-jam coba kita kumpulkan. dan semua faktor ini saling berhubungan untuk mencapai produk yang sesungguhnya.

Para profesional yang kreatif yang dapat melihat semua sudut dari proyek adalah orang yang akhirnya berhasil dalam industri ini. Mereka memenangkan penghargaan, mendapatkan promosi, dan mendapatkan penghasilan, tetapi yang paling penting adalah mereka mengembangkan reputasi untuk memperhatikan hingga detil, untuk menempatkan pribadi dan berupaya memastikan semua hal-hal kecil itu berada di tempat mereka untuk membuat produk akhir menjadi semakin sempurna.

note : dicuplik dan diterjemahkan secara kurang seksama dari A List Apart Magazine

setiap pekerjaan pasti membutuhkan pengetahuan dan ketelatenan tentang detil-detil yang ada, demikian juga ketika bekerja dengan website, detil yang harus diperhatikan tidak hanya yang berhubungan dengan tampilan visual saja, bukan hanya soal gambar, font, dan warna, tapi juga tentang tata letak, pemilihan, dan cara penulisan huruf dan kata.

karena website mungkin dapat membantu kita untuk saling mengerti satu sama lain :D

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.

8 thoughts on “Design and Details . . .”

  1. menurut sampeyan gimana cara seorang desainer yang baikmeng-handle moodnya mas?

    well, i’m hugely interested -if i can’t call it obsessed- in design. saya sangat ingin belajar terus, meningkatkan skill dan taste saya, juga terus menerus bikin karya. tapi saya seringkali terantuk batu besar bernama mood. batu besar ini sangat mengganggu, bukan cuma terhadap pengembangan diri saya, bahkan project-project yang serius -beberapa komersial, kebanyakan pesanan teman- sering terbengkalai gara-gara masalah satu ini.
    entah kenapa, ada saat-saat dimana naluri saya berasa “mati”, ide2 segar mentok, hingga desain yang dihasilkan sangat jauh dari standar yang saya tetapkan sendiri..

    pernah ngalami hal serupa gak mas?sharing pengalamannya dong..
    maturnuwun mas..

  2. @ bang epat : hehehe, aku lali ternyata blom nginstall sotosop :D

    @ batiar : hal2 kayak gitu sih wajar aja koq, kalo nurut saya sih mungkin dengan cari2 bahan2 dan contoh2 yang mungkin bisa bikin kita lebih tertantang lagi untuk bekerja, ada juga yang mencoba bidang lain dulu, setelah jenuh itu berkurang, baru deh balik ke pekerjaan asal sebagai tukang gambar :D, kalo aku sih, go with the flow aja, asal sesuai dengan deadline yang ada, selamat belajar, hehe

  3. Iya neh, seringkali hal2 kecil yg pada awalnya ga keliatan, tapi begitu ia terkena perhatian, maka akan menambah apresiasi untuk si pembuatnya..
    jadi tidak ada salahnya mendedikasikan waktu untuk urusan detail ini :-)

    (kcuali kalo kepepet tentunya..)

  4. Kunjungan Pertama Blog. Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikelnya ya. Ini alamatnya http://arifust.web.id

Comments are closed.