Warna Sebagai Elemen Desain Web

ketika kita bicara tentang website, apa sih yang membuat sebuah website tampak menarik? apa yang membuat web itu banyak sekali dikunjungi orang? dari sekian banyak jawaban, maka dua jawaban teratas adalah desain dan konten dari website tersebut.

dan apakah komponen utama penilaian kita tentang visualisasi sebuah website? apakah jumlah gambar? sususan grafis dan art-nya kah? atau gabungan teks dan ilustrasinya? jika saya, maka yang pertama kali saya perhatikan adalah warna, walaupun saya juga bukan pengguna warna yang baik.

warna dari sebuah website dapat menarik pengunjung dan dapat pula mengusir pengunjung pergi. warna juga dapat membuat sebuah website tampak profesional atau tampak amatir.

sebuah website yang menawarkan web desain sebagai salah satu layananya yang diberikan, tidak akan dapat menarik banyak klien jika warna yang digunakan pada website mereka suram, membosankan atau tidak atraktif.

warna memegang persentase yang besar dalam urusan menarik perhatian pengunjung. why? karena warna adalah yang pertama kali menarik perhatian pengunjung sebelum mulai membaca tulisan, dan oleh karena itu, warna dapat langsung mempengaruhi keputusan pengunjung, akan tinggal atau pergi.

para pekerja web harus mengerti pentingnya pemilihan warna untuk memastikan bahwa mereka mnggunakan elemen desain ini secara efektif.

sebuah website tampak baik jika memiliki keselarasan warna. warna yang digunakan tidak boleh suram, gelap atau malah terlalu mencolok. warna yang telalu gelap atau terlalu terang akan membuat pengunjung membebani saat mengunjungi website tersebut.

ada beberapa aturan dasar yang harus digunakan dalam memilih atau menentukan warna dari website, antara lain :

  • gunakan warna yang ringan dan menyejukkan. jangan menggunakan warna yang terlalu gelap atau terlalu terang yang dapat mempengaruhi penglihatan
  • teks warna hitam dengan background putih mungkin adalah kombinasi terbaik. jika anda tidak terlalu yakin dengan kombinasi warna yang anda gunakan, mungkin hitam dan putih adalah pilihan yang aman, dimana warna teks harus selalu lebih gelap dari background.
  • gunakan warna yang sesuai dengan warna logo perusahaan, jangan membuat logo terkesan berada diluar website. keselarasan warna dapat membuat pengunjung menghubungkan logo dengan perusahaan, atau mungkin menghubungkan website dengan perusahaan atau logo yang ada.
  • warna yang kontras adalah pilihan yang baik untuk teks dan background. hal ini akan membuat teks tampak jelas, dan gunakan warna-warna yang berkomplemen untuk mengkombinasikan warna untuk background.

desain web menggabungkan beberapa elemen untuk saling bekerja sama dan membuat website tampil menarik dan profesional. dan dari sekian banyak elemen, satu yang seringkali kurang diperhatikan adalah pemilihan warna.

dan entah kita sedang berhubungan dengan klien atau sekedar mendesain untuk blog pribadi, tidak ada salahnya untuk selalu mempertimbangkan warna yang digunakan.

karena pemilihan warna yang berbeda akan selalu membawa perubahan yang berbeda.

diterjemahkan dan disimpulkan dengan kurang seksama dari www.npresence.net

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.