Kesalahan Umum Desain Web

banyak sekali faktor yang mempengaruhi prestasi sebuah website di jagat internet ini, dan secara umum ada dua faktor utama yang berperan, yaitu konten dan desain grafis. namun ada beberapa faktor lain yang dapat memperburuk citra dari sebuah website, diantaranya adalah sebagai berikut.

Navigasi yang buruk
pemilik website tidak pernah menginginkan pengunjungnya kesulitan untuk mencari informasi yang dia berikan, hal ini dapat diantisipasi dengan menampilkan link-link utama pada bagian atas website dan bisa juga pada bagian bawah, karena akan lebih memudahkan pengunjung untuk meng-klik link yang berada dibawah daripada harus men-scroll lagi keatas.

drop-down menu juga bisa menjadi pilihan, karena pengunjung cukup meng-klik satu tempat saja untuk berpindah dari suatu halaman ke halaman yang lain. dan biasanya, user akan malas berkunjung jika mereka tidak cepat menemukan apa yang mereka cari.

Loading halaman yang lambat
pengunjung biasanya tidak suka untuk menunggu, seperti halnya diri kita sendiri mungkin, karena seringkali menginginkan segalanya untuk tersedia secepat mungkin.

grafis dengan kualitas tinggi dan media interaktif yang cukup banyak adalah penyebab utama lambatnya loading halaman, grafis bermutu tinggi memang dibutuhkan agar webite menjadi lebih atraktif, but it is not worth it.

proses optimasi grafis dengan menurunkan kualitas gambar dapat menjadi solusi untuk mendapatkan loading halaman yang cepat.

Skema warna yang tidak menarik
faktor ini sangat berperan walau kadang jarang diperhatikan, pemilik website selalu menginginkan pengunjungnya untuk merasa nyaman, sehingga jangan sampai desain website kita memberatkan mata pengunjung.

warna-warna yang menyejukkan dan yang saling berkomplemen dapat menjadi pilihan, jangan lah kita menggunakan warna-warna terang untuk background (seperti merah, kuning, hijau muda) karena warna-warna tersebut dapat mengalihkan perhatian pengunjung dari informasi penting yang disediakan.

penggunaan komplemen warna biasanya dengan menggunakan warna teks terang dengan background gelap dan sebaliknya, desainer website harus mempersiapkan teks yang mudah dibaca dan lebih menonjol daripada backgroundnya.

layout halaman
pada bagian ini, yang utama adalah konsistensi, jangan sampai layout dari halaman satu berbeda dengan halaman yang lain, desainer harus memastikan setiap bagian yang ada terlihat sama dan sesuai pada masing-masing halaman.

penggunaan tema yang sama, kemudian peletakan navigasi dan peletakan informasi-informasi penting pada posisi yang mudah ditemukan dapat menjadi sebuah acuan.

Scroll Horizontal (kiri-kanan)
sebagian besar desainer website telah memperhatikan bagian ini, itu sebabnya, sebagian besar website yang ada memiliki lebar halaman utama dibawah 800 pixel, penggunaan scrolling horizontal biasanya sangat dihindari, karena selain mempersulit, pengunjung dapat dengan mudah kehilangan informasi.

Optimasi Cross-Browser
tampilan website tidak selalu sama pada setiap browser, hanya karena website kita tampak sempurna di Internet Explorer, bukan berarti akan tampak sempurna pula di browser yang lain.

setiap browser memiliki cara penanganan tag-tag HTML yang berbeda-beda, desain website haruslah hati-hati dan memperhatikan tampilan untuk berbagai browser. sebagai contoh, IE memiliki definisi yang berbeda tentang ukuran pixel dengan Mozilla.

Tidak mengambil keuntungan dari SEO
satu-satunya alasan untuk tidak menggunakan teknologi SEO adalah malas, dan malas akan membuat website kita menjadi biasa-biasa saja atau mungkin makin terpuruk.

penambahan judul di website, META tags, ALT tags, konten yang berhubungan, title tags pada link dan berbagai praktek SEO akan sangat mempengaruhi peringkat website.

internet marketing memang membutuhkan cukup banyak waktu dan dedikasi, namun website yang SEO friendly adalah langkah awal yang baik untuk menarik banyak pengunjung baru. dan bukankah itu yang selalu kita inginkan?

dengan teknologi informasi yang semakin maju sekarang ini, membuat website sudah tidak menjadi hal yang sulit, dan setiap orang bisa menjadi seorang web developer untuk dirinya sendiri.

dan jangan sampai kita menjadi pemilik website yang merugi :D

————————————————-
tulisan ini diterjemahkan dengan kurang seksama dari http://www.rocketface.com

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.