Desain Konten Web dan Kerangka Karangan

salah satu komponen utama pada website adalah konten yang ditampilkan, karena konten lah yang memegang peranan paling penting dalam menarik pengunjung, oleh karena itu susunan konten yang baik dan tepat sasaran mutlak dibutuhkan mulai saat perancangan, pembuatan, dan pada saat proses maintenance berlangsung.

proses pengembangan konten sebuah website (content development) tak ubahnya seperti saat kita membuat karangan seperti cerpen atau artikel, konten website juga memerlukan adanya topik/tema dan tujuan, kemudian proses riset, pengumpulan, pengolahan informasi, dan proses penyusunan kerangka utama website.

dari proses riset, pengumpulan dan pengolahan informasi, data/informasi yang telah disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan disusun sebuah kerangka yang mempertimbangkan tingkatan kepentingan dan kebutuhan dari informasi yang ingin disampaikan, termasuk pengelompokan informasi sehingga tidak muncul dualisme konten pada menu yang berbeda.

kerangka konten (seperti halnya kerangka karangan) dibutuhkan untuk mencapai :

  • web yang sesuai dengan tema dan tujuan.
  • segmentasi pengunjung yang jelas sehingga menjelaskan fokus utama website tersebut.
  • batas dan acuan untuk developer web dalam mengembangkan konten, grafis, dan pemrograman web.

sehingga diharapkan waktu pembuatan dapat digunakan dengan semaksimal mungkin dan dengan hasil yang semaksimal mungkin pula, dimana masing-masing komponen web terakomodasi dengan baik, dan kebutuhan dari pihak-pihak yang bersangkutan (pemilik website, tim developer, dan pengunjung) pun terpenuhi.

Published by

Alit Mahendra Bramantya

Complicatedly simple, not just another internet presence enthusiast. Currently managing Research (including Analytics) Division at Think.Web with Web App Development and Digital Analytics as main responsibility. Views are my own.